ERCHI NEWSLIFESTYLE

Prestisius, Sanggar Castle Of Art Asal Maluku Utara Sabet Juara Umum Nasional Tari Remaja 2019

JAKARTA (ENEWS) – Sanggar Castle Of Art sabet Juara Umum Nasional di ajang Tari Remaja 2019 yang berlangsung pada 01 – 04 Juli 2019 di gedung kesenian Jakarta.

Event gagasan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ini diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai Provinsi se Indonesia.

Tampil maksimal, Sanggar Castle Of Art berhasil menyisihkan seluruh peserta yang ada. Tidak hanya meraih Juara Umum Nasional, Castle Of Art juga menyabet 3 kategori terbaik yakni, penata kostum dan make up terbaik, penata musik terbaik dan grup penyaji terbaik.

Dalam ajang Tari Remaja 2019, Castle Of Art mempersembahkan tarian kreasi Tangisan Sasadu. Sasadu adalah rumah adat suku Sahu yang terdapat di Halmahera Barat. Tarian Tangisan Sasadu bercerita tentang pentingnya peran orang tua dan Pemerintah untuk selalu mengingatkan kepada generasi muda bahwa menjaga serta melestarikan budaya adalah hal penting, khususnya Sasadu.

Tarian Tangisan Sasadu merupakan asli buah karya seni dari Sanggar Castle Of Art. Tarian ini berhasil mencuri perhatian penonton dan dewan juri. Alhasil, Castle Of Art pun dinobatkan sebagai yang terbaik dalam ajang Tari Remaja 2019.

“Saat mengikuti kompetisi, mereka menampilkan tarian Tangisan Sasadu dan memakai kostum adat asli Halmahera Barat. Awalnya kami tidak menyangka kalau kami berhasil keluar sebagai pemenang, kerena hampir semua Provinsi di Indonesia menampilkan tarian terbaik mereka,” Ungkap Rama Paat selaku pimpinan rombongan.

“Alhamdulillah, ini adalah capaian yang luar biasa bagi kami. Kemenangan ini kami persembahkan kepada seluruh warga masyarakat Maluku Utara. Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung kami selama ini,” Ujar pria yang juga bertugas di Polda Maluku Utara ini.

Castle Of Art merupakan Komunitas kreatif yang bergerak di bidang seni dan budaya di Maluku Utara. Komunitas yang terbentuk pada tahun 2019 ini digawangi oleh Rama Paat dan Mahdi Daengbarang. Meski baru terbentuk, komunitas ini sudah memiliki jam terbang cukup tinggi dan pengalaman yang mumpuni. Terbukti Castle Of Art berhasil mengharumkan nama Maluku Utara di kanca Nasional. (*)

Sumber : Genpi Maluku Utara
Editor : Goesland Latarawe

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
21
Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close