ERCHI NEWSPOHUWATO EKSEKUTIF

8 Kelompok Calon Penerima E-Warda, Bakal Dapat Modal Usaha Dari Pemerintah

POHUWATO (ENEWS) – Sebanyak 80 orang calon penerima E-Warda se-Kabupaten Pohuwato Selasa, (9/7) di Gedung Panua Kantor Bupati Pohuwato, mengikuti Bimbingan dan Motivasi Sosial Penerima Bantuan Kelompok Usaha Bersama (Kube) E-Warda.

Program Pemberdayaan Fakir Miskin Perdesaan ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Djoni Nento, dan didampingi oleh Kadis Sosial Ahmad Djuuna.

Dalam sambutannya Sekda Djoni mengatakan bahwa, kelompok atau anggota Kube ini diberi kesempatann untuk melayani masyarakat terutama anggota PKH sebagai penerima bantuan pangan non tunai.

“Diharapkan dengan bantuan tersebut maka, bapak/ibu yang termasuk dalam E-Warda ini, bisa mengelola bantuan tersebut dengan baik,” Terangnya.

Diingatkan Sekda Djoni, bantuan yang diberikan tidak disalahgunakan, namun dapat dikelola untuk pengembangan usaha bersama.

“Dalam menjalankan usaha ini, semua anggota harus berkontribusi guna keberlangsungan usaha. Dengan harapan, dana sebesar Rp. 30 juta ini setiap tahun bisa bertambah agar usaha tersebut bisa berkembang,” Harap Sekda Djoni.

Kepala Dinas Sosial Ahmad Djuuna mengungkapkan bahwa, Program Kube jasa Elektronik Warung Daerah (E-Warda) sudah berjalan selama dua tahun.

“Pada 2018 dibentuk tahap pertama oleh 4 kelompok, masing-masing kelompok mendapat Rp. 30 Juta dari total Rp. 120 Juta. Di tahun 2019 atau tahap kedua, bertambah menjadi 8 kelompok, masing-masing memdaptkan Rp.30 Juta, dari total anggaran Rp. 240 juta,” Ungkap Ahmad Djuuna.

“Semoga program Kube ini, kedepan akan lebih berkembang. Sebab ujung tombak keberhasilan program ini akan tereujud, jika semua anggota kelompok bergandeng tangan untuk menjalankan program ini,”Jelas Ahmad Djuuna.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Nirmala Nento menyatakan, setiap kelompok terdiri 10 orang, total ada 80 orang pada 8 kelompok penerima Kube saat ini.

” Kesemuanya terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara dan anggota. Dengan adanya E-Warda, akan memudahkan anggota PKH dalam memenuhi kebutuhannya dengan cara menggesek brilling. Sehingganya, sebelum dana ini diberikan, maka calon penerima ini akan diberi bimbingan, termasuk pengarahan dari pihak Bank. Setelah itu, 8 Kelompok ini akan membuka rekening yang selanjutnya dana Rp. 30 juta akan disalurkan melalui rekening masing-masing,” Tutup Nirmala. (*)

Sumber/Doc : Iwan Karim (Humas Pohuwato)
Editor : Goesland Latarawe

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close