OPINI
Trending

Siapakah Bupati Pohuwato Setelah Syarif?

POHUWATO [ENEWS]—Pasca Syarif Mbuinga, perebutan kursi Bupati Pohuwato dipastikan bakal sengit. Mengapa?

Sederhana saja. Berdasarkan konstitusi, Setelah menyelesaikan periode pertama dan kedua, Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga dipastikan tidak dapat lagi maju pada kontestasi Pilkada di 2020 nanti. Hal ini membuat banyak pesohor terbaik dalam dan luar daerah turun gunung ikut bertarung pada perebutan kursi pucuk tertinggi di Kabupaten berjuluk Bumi Panua ini.

Lalu siapa yang bakal menggantikan posisi Bupati yang dikenal bertangan dingin ini?

Meski genderang sebenarnya berlangsung pada 2020 nanti, telah banyak spekulasi Figur asli dari dalam dan luar daerah bermunculan. Hal ini pun semakin menghangatkan suhu politik Daerah jelang tahapannya pada september mendatang.

Siapa saja figur tersebut?

  • Amin Haras

Wakil Bupati usungan PDIP pada Pilkada 2015 ini sepertinya miliki kans besar untuk maju pada pertarungan nanti. Alasannya sederhana. Bermodal pengalaman dan segudang torehan prestasi bersama Syarif Mbuinga, Wakil Bupati dua periode ini dinilai banyak kalangan mampuh duduki kursi utama gedung kendali pemerintahan kabupaten. Terlebih, sosok Amin mempunyai elektabilitas personal diatas rata-rata. Track Record yang sangat baik menjadikannya figur kuat pengganti syarif pada pemerintahan selanjutnya.

  • Nasir Giasi

Setelah terpilih kembali untuk kali kedua pada pemilu tahun 2019, sosok Nasir Giasi digadang akan ikut bertarung pada pilkada tahun depan. Secara struktural kepartaian, jabatan mentereng Nasir Giasi di Golkar yang menjadi penguat sekaligus modal dirinya dapat maju. Kapasitas dan kapabilitas yang teruji membuat nama Ketua DPRD periode 2014-2019 ini ramai diperbincangkan.

  • Iwan Adam

Aleg dari partai beringin yang juga Mantan Direktur PDAM Tirta Maleo ini patut diperhitungkan. Bukan tanpa alasan, sejauh mengemban amanah di legislatif hingga kembali terpilih, Iwan Adam merupakan salah satu kader partai terbaik yang dimiliki Golkar Pohuwato. Iwan Adam pun dinilai pantas untuk ikut pada pertarungan perebutan kursi Bupati nanti. Julukan Ice Breaker yang melekat pada dirinya menjadikan ia mudah terterima disemua kalangan. Tak ada yang salah bila ini dijadikan modal sederhana untuknya dapat melenggang  tanpa beban menuju perhelatan.

  • Ibrahim Bouty

Nama Ibrahim Bouty merupakan sosok yang tak asing lagi ditelinga khalayak. Sempat mencicipi sengitnya pertarungan pilkada di 2015 silam, ia tahu persis seluk beluk aturan main kontestasi lima tahunan ini. Tak banyak yang tahu, jika pria yang akrab disapa Ibo ini tengah Menduduki posisi strategis sebagai Kasubdit Kesejahteraan Masyarakat pada Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Sepak terjangnya di Kementrian telah banyak berkontribusi terhadap kemajuan pembanguna Daerah. Jika dia maju pada pilkada, maka jawabannya adalah ‘pantas maju’.

  • Yusuf Giasi

Meski tak seumbar lainnya, nama Yusuf Giasi patut diwaspadai oleh para kontestan. Mantan Wakil Bupati Pohuwato periode 2005 – 2010 perlahan mulai mencuat diperbincangkan ditengah masyarakat. Telah banyak jabatan beken di brokrasi yang di embannya. Ia pun layak masuk nominasi pemenang Pilkada nanti.

Selanjutnya masih ada sejumlah deretan nama besar yang tengah terjaga. Sebut saja Suharsi Igirisa, Jeanette Puspa Kilapong, Rizal Yunus, Masrin Kone dan masih banyak lagi.

Entah bakal berpasangan dengan siapa mereka nanti. Pertanyaannya, siapakah ‘Kuda Hitam’ sesungguhnya pada Pilkada 2020 nanti? Lalu siapa saja figur lain dari luar daerah itu? Kita tunggu saja. (Alan ENEWS)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
431
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close