ERCHI NEWSPOHUWATO LEGISLATIF

Tanggul Jebol Lagi, Syaiful Mbuinga Pertanyakan Kinerja BWS

POHUWATO (ENEWS) – Jebolnya tanggul sungai di Kecamatan Patilanggio yang diakibatkan oleh meluapnya debit air sungai akibat curah hujan beberapa waktu belakangan ini, membuat Wakil Ketua DPRD Pohuwato Syaiful Mbuinga angkat bicara.

Menurutnya, peristiwa ini seharusnya sudah bisa diantisipasi sebelumnya oleh Pemerintah khususnya pihak Balai Wilayah Sungai (BWS).

“Kejadian ini sudah berulang kali selama dua tahun terkahir. Kok bisa ini terjadi lagi. Harusnya sudah bisa diantisipasi. Pihak balai harus responsif dan turun langsung. Ini tanggung jawab mereka,” Tegas Syaiful.

Menurut Aleg partai Gerindra ini, akibat peristiwa banjir yang terjadi menyebabkan banyak kerugian materil.

“Berdasarkan apa yang kami lihat di lapangan, akibat banjir yang terjadi menyebabkan kerugian bagi masyarakat sekitar yang disebabkan jebolnya tanggul. Ratusan hektar tanaman jagung, cabai dan lainnya tergenang dan terancam gagal panen,” Ujarnya.

Masih menurut Syaiful, pihak Balai tidak hanya mengirimkan bantuan, akan tetapi diharapkan untuk turun dan mengidentifikasi masalah yang terjadi.

“Kami berharap pihak Balai Sungai tidak hanya sebatas memberikan bantuan dengan mengirimkan alat berupa alkon, tapi mereka turun langsung dan lakukan identifikasi agar persoalan ini tidak terjadi lagi,” Tutup Syaiful.

Sebelumnya, Senin (17/6), pihak DPRD Pohuwato yang di pimpin oleh Ketua DPRD Nasir Giasi, bersama Wakil Ketua DPRD Syaiful Mbuinga, Ketua Komisi III Beni Nento, beserta unsur Pemerintah Daerah telah melakukan peninjauan langsung di lapangan melihat kondisi masyarakat terdampak banjir di Desa Dulomo. Rencananya pihak DPRD akan kembali turun hari ini, Selasa (18/6).

Berdasarkan informasi dari BNPB Pohuwato, total ada sebanyak 5 Kecamatan di Kabupaten Pohuwato terendam banjir. Wilayah terparah berada di Kecamatan Patilanggio. (Alan ENEWS)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
21
Tags

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close